Kritik dan Saran silahkan kirim pesan ke" bayz.pabayo@gmail.com "

Faktor & Penyebab Kanker Serviks


Penyebab
Secara umum, kanker timbul ketika sel yang sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel yang normal tersebut menjadi sel abnormal. Sel yang sehat tumbuh dan membelah, kemudian akhirnya mati sesuai waktunya. Sedangkan sel kanker tumbuh dan membelah secara tidak terkontrol serta tidak mati. Penumpukan sel abnormal akan membentuk massa tumor. Sel kanker dapat menginvasi jaringan terdekat dan dapat menyebar dari tumor utama ke bagian lain tubuh (dikenal dengan istilah metastasis).
Kanker serviks umumnya dimulai pada sel tipis dan datar yang berada di bagian bawah serviks (sel skuamosa). Karsinoma sel skuamosa menyebabkan 80% kanker serviks. Kanker serviks juga dapat timbul pada sel glandular yang berada di bagian atas serviks, disebut adenokarsinoma yang merupakan menyebabkan 15% kanker serviks. Kadang kedua jenis sel tersebut terlibat dalam kanker serviks. Sangat jarang kanker timbul di sel serviks yang lain.
Apa yang menyebabkan sel skuamosa atau sel glandular menjadi abnormal dan berkembang menjadi kanker masih belum jelas. Infeksi melalui penularan seksual yang disebut Human Papilloma Virus (HPV) diketahui memegang peranan. Angka kejadian HPV ditemukan hampir pada semua kasus kanker serviks. HPV merupakan virus yang umum dan kebanyakan perempuan dengan HPV tidak menderita kanker serviks. Artinya, faktor resiko lain seperti genetik, lingkungan dan gaya hidup juga menentukan apakah anda menderita kanker serviks.
Faktor Resiko Kanker Serviks
Faktor berikut kemungkinan akan meningkatkan resiko anda menderita kanker serviks:
  • Memiliki banyak pasangan seks
Semakin banyak jumlah pasangan seks anda –juga semakin banyak jumlah pasangan seks dari pasangan anda– semakin besar kesempatan anda terinfeksi HPV.
  • Malakukan aktivitas seksual sejak dini
Melakukan seks sebelum usia 18 tahun akan memperbesar resiko terinfeksi HPV. Sel yang belum matang (immature) tampaknya lebih rentan terhadap perubahan menjadi pra-kanker yang dapat disebabkan oleh HPV.
  • Memiliki penyakit menular seksual.
Jika anda memiliki penyakit menular seksual yang lain –seperti klamidia, gonorrhea, sifilis atau HIV/AIDS– ada kemungkinan anda terinfeksi HPV.
  • Sistem imun yang lemah
Kebanyakan perempuan yang terinfeksi HPV tidak menderita kanker serviks. Namun jika anda terinfeksi HPV dan sistem imun anda melemah karena kondisi kesehatan lain, anda kemungkinan akan menderita kanker serviks.
  • Merokok
Mekanisme yang menghubungkan merokok dan kanker serviks tidak diketahui, namun penggunaan tembakau dapat meningkatkan resiko perubahan pra-kanker manjadi kanker, seperti kanker serviks. Merokok dan infeksi HPV dapat bersama menyebabkan kanker serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar