Kritik dan Saran silahkan kirim pesan ke" bayz.pabayo@gmail.com "

Penyakit Jantung


            Pada orang dewasa, besar jantung kira-kira sebesar kepalan tangan yang bersangkutan, berat saat lahir adalah 24gr, perempuan dewasa 230-280gr, laki laki dewasa 280-340gr. Jantung terletak miring di dalam mediastinum medius,sesuai dengan arah axis kordis. Axis kordis adalah sumbu khayalan jantung yang berjalan miring dari kanan atas belakang ke kiri bawah depan.
            Jantung dibungkus oleh pericardium parietale dan pericardium viscerale. Diantara kedua pericardiac terdapat cavum pericardii. Jantung juga terbagi atas empat ruangan, dua atrium(ka-ki) dan dua ventrikel(ka-ki), kedua atrium dipisahkan oleh sekat yang dinamakan septum inter atriorum dan kedua ventrikel dibatasi sekat yang dinamakan septum intervenriculare. Pengaturan intrinsic dari pompa jantung menggunakan hukum frank-starling yang berbunyi: dalam batas batas fisologis, jantung akan memompa semua darah yang masuk tanpa membiarkan adanya bendungan darah yang berlebihan di dalam vena.
           Penyakit pada jantung ini dibagi menjadi 3 yaitu:


1.      Perikarditis
      Kelainan perikardium yang paling penting ialah radang – Perikarditis dan memiliki asal usul yang berbeda.Pada kebanyakana keadaan, Perikarditis adalah penyakit sekunder dimana pun ditubuh, contohnya penyebaran infeksi paru ke dalam kantung perikardium atau sebagai komponen penyakit sistemik, seperti lupus eritematosus sistemik.
          Gejala utamanya ialah gejala akut nyeri dada, meskipun nyeri dapat minimal atau sama sekali tidak ada pada sekitar 50% penderita biasanya ada kelemahan dan demam.

2.      Miokarditis
      Istilah Miokarditis berkaitan dengan keterlibatan Miokardium yang ditandai oleh kelainan radang. Meskipun penyebab  terbanyaknya ialah infeksi mikroba, Miokarditis juga dapat juga terjadi oleh reaksi hipersensitif, terapi radiasi, dan oleh setiap agen kimia dan fisik yang menyebabkan nekrosis akut serta Miokardium dan kelainan radang sekunder.
       Pada kebanyakan kasus, Miokarditis hanya salah satu komponen dari penyakit umum, seperti contohnya dalam demam reumatik akut atau infeksi sitomegalovirus.
Miokarditis virus merupakan pola klinik Miokarditis paling sering yang didapat, dan satu-satunya yang menunjukkan gejala infeksi primer.
      Bila Miokarditis oxsackie tampak pada anak dan dewasa muda, sering menimbulkan gejala. Menyerang pria lebih sering daripada wanita, sering terdapat riwayat infeksi traktus bagian atas, diikuti massa  laten beberapa hari.
     Banyak virus lain yang juga penyebab Miokarditis (khususnya penyebab poliomielitis dan campak jerman).
bergejala sering memberi gejala kelemahan, sesak napas dan demam subfebris, dengan takikardi labih nyata daripada demamnya sendiri, sehingga menimbulkan banyak perhatian.

3.      ENDOCARDITIS
    Endokarditis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme pada endokard atau katub jantung.Infeksi endokarditid biasanya terjadi pada jantung yang telah mengalami kerusakan.Penyakit ini didahului dengan endokarditis, biasanya berupa penyakit jantung bawaan, maupun penyakit jantung yang didapat.Dahulu Infeksi pada endokard banyak disebabkan oleh bakteri sehingga disebut endokariditis bakterial.Sekarang infeksi bukan disebabkan oleh bakteri saja, tetapi bisa disebabkan oleh mikroorganisme lain, seperti jamur, virus, dan lain-lain.
     Endokarditis tidak hanya terjadi pada endokard dan katub yang telah mengalami kerusakan, tetapi juga pada endokar dan katub yang sehat, misalnya penyalahgunaan narkotik perintravena atau penyakit kronik.Perjalanan penyakit ini bisa; akut, sub akut, dan kronik, tergantung pada virulensi mikroorganisme dan daya tahan penderita.Infeksi subakut hampir selalu berakibat fatal, sedangkan hiperakut/akut secara klinis tidak pernah ada, karena penderita meninggal terlebih dahulu yang disebabkan karena sepsis.Endokarditis kronik hampir tidak dapat dibuat diagnosanya, karena gejalanya tidak khas.
      Gejala yang ditimbulkan antara lain demam dapat berlangsung terus-menerus retermiten / intermiten atau tidak teratur sama sekali. Suhu 38 - 40 C terjadi pada sore dan malam hari, kadang disertai menggigil dan keringat banyak.Anemia ditemukan bila infeksi telah berlangsung lama.pada sebagian penderita ditemukan pembesaran hati dan limpha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar